Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
KELAS I
SEMESTER 1
Tema : Budi Pekerti
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Budi Pekerti
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami
identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
2. IPA : Mengenal cara mememlihara lingkungan agar
tetap sehat
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Menggunakan
pengukuran waktu dan panjang
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan : Memahami
bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang
lisankan.
· Berbicara : Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan
dengan
perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan
fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
· Membaca : Memahami
teks pendek dengan membaca nyaring.
· Menulis : Menulis
permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh,
melengkapi, dan menyalin.
6.
Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari.
7. Basa Sunda :
·
Mampu amengungkapkan
fikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam percakapan ( guneman ), permintaan izin,
perkenalan, (ngawanohkeun ) diri,
penyebutan berbagai jenis gambar dan
gambar peristiwa..
·
Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai
bentuk dan jenis wacana tulis (teka)
berupa kata-kata lpas, kalimat lepas,
serta wacana pendek.
Kompetensi Dasar :
1. IPS
:
·
Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
2. IPA :
·
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
3. PKN :
·
Menerapkan hidup rukun di
rumah dan di sekolah.
4. Matematika :
·
Menentukan lama suatu kejadian berlangsung.
·
Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari. (
pendek,
panjang ) dan membandingkannya.
5. Bahasa Indonesia :
·
Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan
petunjuk guru.
·
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita.
·
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal
yang tepat.
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan
bentuk huruf.
·
Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana
dari buku atau papan tulis dengan benar.
·
Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan
gambar
6.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap gerak tari
menurut tingkat tinggi
7.
Basa Sunda :
·
Menyampaikan
permintaan ijin dengan bahasa lisan.
·
Membaca kalimat lepas dua kata..
Indikator :
1.
IPS :
·
Memberi contoh kemajemukan
keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
·
Menjelaskan manfaat hidup
rukun dalam keluarga .
2.
IPA :
·
Mengemukakan ciri-ciri
lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat.
·
Menjelaskan bahwa air kotor
tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi
kesehatan
·
Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.
3.
PKN :
§ Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan
keluarga dan lingkungan sekolah.
§ Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan
di sekolah.
4.
Matematika :
·
Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan
sebentar.
·
Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan
lama.
·
Menyebutkan panjang suatu benda melalui kalimat
sehari-hari ( pendek , panjang )
·
Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang
pendek.
·
Membandingkan panjang suatu benda ( lebih panjang,
lebih pendek
·
Mengenal jarak dekat dan jauh.
5. Bahasa Indonesia.
·
Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan
guru.
·
Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya
sendiri
·
Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·
Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·
Membaca nyaring ( didengar siswa )
·
Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
·
Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai
suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
·
Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk
huruf.
·
Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari
papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·
Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan
tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan
huruf tegak bersambung.
·
Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai
dengan gambar
6.
Seni Budaya dan Keterampilan. :
·
Mengelompokkan gerak tari sesuai level.
·
Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·
Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan
menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. ( internal ).
7. Basa Sunda :
·
Menyampaikan permintaan izin dengan bahasa lisan
yang santun.
·
Membedakan bahasa yang disampaikan kepada teman,
orang lain, dan orang yang lebih tua.
·
Membaca kalimat yang terdiri dari dua kata dengan
menggunakan lafal dan intonasi yang benar.
·
Menjelaskan arti dari kata
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
I. Tujuan
Pembelajaran :
·
Siswa dapat menjelaskan kemajemukan keluarga (
jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan )
·
Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam
keluarga
·
Siswa dapat mengemukakan ciri-ciri lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat
·
Siswa dapat menjelaskan hal hal yang menyebabkan
lingkungan menjadi kotor
·
Siswa dapat membiasakan membuang sampah pada
tempatnya
·
Siswa dapat menunjukkan sikap saling menghargai
perbedaan dan tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di sekolah.
·
Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kegiatan
yang dilakukan lama dan sebentar.
·
Siswa dapat menyebutkan, membandingkan, panjang suatu benda melalui kalimat
sehari-hari.
·
Siswa dapat mengenal jarak dekat dan jauh.
·
Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan
perintah atau permintaan.
·
Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng
dengan kalimatnya sendiri.
·
Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang disi
dongeng dan memeragakan tokoh dongeng.
·
Siswa dapat membaca nyaring.
·
Siswa dapat menjiplak dan menebalkan berbagai
bentuk huruf, gambar.
·
Siswa dapat menuliskan kata dan kalimat yang
didiktekan guru.
·
Siswa dapat menyalin kalimat dari papan tulis /
buku pke dalam buku tulis sendiri.
·
Siswa dapat melengkapi kalimat yang belem sempurna
yang sesuai dengan gambar.
·
Siswa dapat mengelompokkan gerakan tari sesuai
dengan level.
·
Siswa dapat mengidentifikasi gerak keseimbangan
pola lantai.
·
Siswa dapat mengidentifikasi bentuk iringan tari
dengan menggunakan bunyi bersumber dari tubuh ( internal.
·
Siswa dapat menyampaikan permintaan ijin dengan
bahasa lisan yang santun.
·
Siswa dapat membaca kalimat yang terdiri dari dua kata .
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
1.
Hidup rukun dalam kemajemuka keluarga.
2.
Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar
rumah dan sekolah.
3.
Hidup rukun dalam perbedaan.
4.
Satuan pengukuran.
5.
Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah (
untuk dibaca oleh guru saja)
6.
Mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali.
7.
Suku kata, kata dan kalimat sederhana.
8.
Gambar sederhana.
9.
Unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan ,
tumbuhan,dan bunyi iringan
10.
Kalimat permintaan ijin.
11. Kalimat sederhana.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah
pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika
menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
·
Mengingatkan pada pelajaran yang lalu.
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
·
Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa
menjelaskan lingkungan sekolah termasuk lingkungan sehat atau tidak sehat.
·
Mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat.
·
Mengemukakan ciri –ciri lingkungan tidak sehat.
·
Mendiskusikan
manfaat dan akibat dari lingkungan yang sehat dan tidak sehat.
·
Melakukan tanya jawab tentang hasil diskusi.
·
Setelah mendengarkan penjelasan guru dan mengingat
kembali pengalaman, siswa menjelaskan kerukunan dapat terjaga dengan sikap
saling menghargai perbedaan masing-masing.
·
Menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang menggambarkan kerukunan dalam keluarga, lingkungan sekolah, dan
lingkungan masyarakat.
·
Menyebutkan beberapa contoh peristiwa yang diakibatkan dari tidak menjaga
kerukunan dalam keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.
·
Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa membedakan kegiatan yang termasuk kategori lama dan
sebentar.
·
Mengelompokkan kegiatan yang termasuk lama.
·
Menyusun kegiatan yang termasuk lama.
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS,
Matematika )
·
Dengan menyimak siswa dapat
melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
·
Melalui permainan
bisik-bisik, siswa dapat melakukan pesan /
permintaan guru.
·
Guru menyampaikan pesan
dengan kalimat perintah yang dapat
dilakukan siswa.
·
Melalui pengamatan pada
foto keluarga besar dan penjelasan guru, siswa menyebutkan kemajemukan dalam
keluarga.
·
Menjelaskan kemajemukan
keluarga sebagai kekayaan budaya yang harus dihargai.
·
Kemajemukan keluarga dalam
kebiasan, jenis kelamin, agama, suku bangsa, harus disikapi dengan baik agar
tercipta kerukunan hidup.
·
Mengisi LKS yang mencari
data tentang kemajemukan keuarga.
·
Melalui pengamatan siswa menyebutkan kegiatan yang
termasuk kategori sebentar.
·
Mengelompokkan kegiatan yang termasuk
sebentar.
·
Menyusun kegiatan yang termasuk sebentar
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Mendengarkan dongeng dengan sungguh-sungguh.
·
Menjelaskan isi dongeng dengan bahasa sendiri dan menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
·
Melalui pengamatan dan percobaan siwa
memperkirakan panjangnya suatu benda melalui kalimat sehari hari ( panjang dan
pendek )
·
Melakukan perkiraan panjang benda .
·
Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori panjang.
·
Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori pendek
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
·
Siswa secara berkelompok memperagakan tokoh dalam
dongeng, sesuai jalan ceritanya di
depan kelas.
·
Memberikan pendapat tentang penampilan
teman-temannya.
·
Melalui pengamatan dan percobaan siwa
memperkirakan panjang suatu benda melalui kalimat sehari hari ( panjang dan
pendek )
·
Melakukan perkiraan panjang benda .
·
Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori panjang.
·
Mengelompokkan benda di kelas yang termasuk kategori pendek
·
Membandingkan beberapa benda milik siswa yang dapat diperkirakan panjangnya.
·
Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan,
lebih panjang atau lebih pendek.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Melalui peragaan siswa menirukan kalimat
permohonan ijin ke kamar kecil, meminjam alat tulis, tidak masuk sekolah dll.
·
Membedakan bahasa yang disampaikan bila permohonan
ijin kepada orang tua atau orang yang lebih tua usianya.
·
Mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan cara
dan bahasa yang santun.
·
Membandingkan beberapa benda yang berada di luar
kelas yang dapat diperkirakan
panjangnya.
·
Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan,
lebih panjang atau lebih pendek.
·
Membuat kesimpulan tentang sifat dari tokoh
dongeng yang baik untuk ditiru.
·
Membaca
nyaring suku kata dan kata yang masih berhubungan dengan dongeng yang
dibacakan guru.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
·
Melalui latihan dan peragaan siswa dapat melakukan gerakan - gerakan tari
dalam posisi duduk yang meniru gerakan
tumbuhan.
·
Melalui latihan dan peragaan siswa dapat melakukan
gerakan – gerakan tari dalam posisi jongkok yang meniru gerakan binatang.
·
Melalui latihan dan peragaan siswa melakukan
gerakan – gerakan tari dalam posisi berdiri
yang meniru gerakan binatang.
·
Melalui latihan dan peragaan siswa melakukan
gerakan – gerakan tari dalam gabungan posisi
duduk, jongkok dan berdiri yang meniru
gerakan tumbuhan dan binatang secara
berkelompok.
·
Membaca nyaring kata dan kalimat sederhana dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
·
Membaca kalimat yang ditulis di papan tulis. Dengan suara nyaring.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
·
Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa
mendiskusikan secara sederhana hal-hal
yang dapat merusak kesehatan lingkungan yang dapat berpengaruh pada kesehatan
pribadi.
·
Menyebutkan bahwa air kotor, asap pabrik,asap
kendaraan, debu jalan, tumpukan sampah merupakan kondisi lingkungan yang tidak
baik bagi kesehatan.
·
Melalui pengamatan, penjelasan dan pengalaman,
siswa menjelaskan kedudukan manusia sama dalam keluarga maupun di sekolah dan
di masyarakat.
·
Menyebutkan hak dan kewajiban kita sebagai anggota
keluarga, dan anggota masyarakat.
·
Menjelaskan sikap membeda-bedakan berarti berlaku
tidak adil, tidak sesuai dengan pengamalan pancasila.
·
Menyebukan sikap yang baik dalam menjungjung
keadilan.
·
Membandingkan beberapa benda bawaan dari rumah
yang dapat diperkirakan panjangnya.
·
Menggunakan bahasa sederhana untuk membandingkan,
lebih panjang atau lebih pendek.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·
Menjiplak bentuk huruf dan gambar yang ad dalam
buku
·
Menebalkan bentuk huruf dan gambar.
·
Melalui penjelasan guru
siswa termotivasi untuk menyampaikan manfat-manfaat yang dirasakan dalam
menjaga kerukunan hidup dalam lingkunga keluarga, lingkungan sekolah, dan
lingkungan masyarakat.
·
Menyebutkan contoh-contoh
kegiatan yang dapat menjaga kerukunan di sekolah.
·
Setelah melakukan percobaan siswa mengisi lembar
kerja untuk mencatat fakta panjang benda
yang ada di sekitar siswa.
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menuliskan kalimat yang didiktekanb dengan tulisan
lepas.
·
Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
·
Melalui pengamatan, percobaan, dan penjelasan guru
, siswa membedakan keadaan jarak dengan menggunakan bahasa sehari- hari yaitu dekat
dan jauh.
·
Menyebutkan contoh-contoh dari jarak jauh.
·
Menyebutkan contoh-contoh dari jarak dekat.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Menyalin kalimat dari buku ke dalam buku tulis
sendiri.
·
Menyalin dwengan bentuk furuf sambung yang rapi
dan dapat terbaca oleh orang lain.
·
Melalui percobaan dan pencarian fakta siswa
menyusun kategori suatu jarak, termasuk jauh atau dekat jarak suatu tempat.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (
Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Mengamati kalimat yang ditulis di papan tulis.
·
Membaca nyaring kalimat yang terdiri dari dua kata
lepas.
·
Membaca dengan cara indifidual dan klasikal dengan
pelafalan yang benar.
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai untuk
menjelaskan gambar.
·
Menceritakan pengalaman yang pernah dialami dalam
menempuh perjalanan yang termasuk kategori jauh.
·
Menceritakan pengalaman yang pernah dialami dalam
menempuh perjalanan yang termasuk kategori dekat.
·
Membandingkan jantara jarak tempat yang jauh dan
dekat.
·
Mengamati gambar yang menceritakan suasana di
kelas.
·
Menceritakan isi dari gambar tersebut.
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai
dengan gambar.
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa
Indonesia)
·
Melalui peragaan dan
latihan siswa melakukan gerakan-gerakan tari dengan mengikuti pola lantai
·
Melakukan gerakan tari dengan pola lantai I, L,
dan U.
·
Melakukan gerakan tari
dengan pola lantai kombinasi antara pola
lantai I,L dan U
·
Melakukan gerakan tari dengan iringan petik jari
dan tepuk tangan.
·
Mengamati gambar yang menceritakan suasana di
pedesaan
·
Menceritakan isi dari gambar tersebut.
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai
dengan gambar.
C. Kegiatan akhir
·
Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
·
Mengerjakan post tes
·
Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
·
Alat Peraga:
1.
Gambar rumah yang sehat dan tidak sehat..
2.
Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.
Kartu huruf, kartu kata, kalimat
4.
aneka benda untuk perbandingan panjang ( lidi,
pensil, tali sepatu, pita, dll.).
VI. Penilaian
Teknik Tes :
·
Tes lisan.
1. Keberanian menjawab/
menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan
konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
·
Tes tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
·
Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
·
LKS
·
Lmbar observasi.
Mengetahui, .....................,
............... 2009
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Tematik
_______________________ _______________________
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar