TUGAS PEMBELAJARAN PKN
Dosen Pengampu : Dr. Hj. Sukasih, M.Pd.
KNOWLEDGE /PENGETAHUAN
NAMA : SITI LATHIFAH
NIM : 123911362
KELAS : DMS M PGMI
KNOWLEDGE / PENGETAHUAN
SEJARAH ILMU
Ilmu merupakan prasyarat utama dalam memperolah kebahagiaan,
baik didunia maupun diakhirat. Dan untuk membangun kembali suatu peradaban
tertentu yang harus dilakukan pertama kali adalah membangun kembali tradisi
keilmuan, termasuk membangun peradaban Islam atau membangun lagi pola pikir
Islam.
Secara etimologi ilmu berasal dari kataakar kata `ain, lam
dan mim yang yang diambil dari perkataan alamah yaitu tanda, petunjuk atau
indikasi yang dengannya sesuatu/ seseorang dikenal. Menurut Al-Attas, definisi ilmu secara termonologi
adalah:
1.
Ilmu sebagai sesuatu yang
berasal dari Allah SWT.
2.
Ilmu sebagai sesuatu yang
diterima oleh jiwa yang aktif dan kreatif.
Menurut Ibnu Khaldun ilkmu dibagi menjadi 2 macam:
1.
Ilmu Naqliyah, yaitu ilmu
yang berdasarkan pada otoritas/ ilmu-ilmu tradisional
2.
Ilmu Aqliyah, yaitu ilmu
yang berdasarkan akal/dalil rasional.
Menurut Al Ghazali menggholongkan ilmu menjadi 2 macam juga:
1.
Ilmu Syar`iyyah, yaitu ilmu
yang dalam menuntutnya bersifat fardhu `ain.
2.
Ilmu Ghoir Syar`iyyah, yaitu jenis ilmu yang dalam
menuntutnya bersifat fardhu kifayah.
SEJARAH PENGETAHUAN
Kata pengetahuan knowledge adalah kata benda yang berasal
dari kata kerja “tahu” ( toknow) yang
searti dengan mengetahui. Sedangkan ilmu besrasal dari bahasa arab `alima,
yalmu,`ilm yang berart I tahu atau mengetahui. Menurut bahasa, kata pengetahuan
bias bermakna ilmu. Al Ghazli mengkategorikan pengetahuan dengan tiga hirarkhi:
1.
Pengetahuan bathin yang
diperoleh melalui pengalaman pribai dan hanya dapat diperoleh oleh sedikit
orang yang mendapatkannya untuk menembus kecerdasan dan pemahaman yang kuat.
2.
Pengetahuan diskursif yaitu
pengetahuan yang dukuasai oleh para filsuf, fukaha dan teolog.
3.
Pengetahuan rakyat
kebanyakan yang terserapoleh kesibukan dan pekerjaan sehari-hari, mereka hanya
dapat menguasai iman atau dengan taqlid.
Jadi faktor yang sangat mempengaruhi pada hirarki adalah
tingkat kepamahaman, latar belakang keluarga, tingkat pendidikan, usia,
pengalaman pribadi dan bacaanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar